Pameran Karya Seni Rupa

Pameran adalah kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan ide atau gagasan melalui karya seni rupa sehingga dapat diapresiasi oleh banyak orang. Penyelenggaraan pameran idak hanya dapat dilakukan oleh para seniman besar namun penyelenggaraan pameran dalam konteks pembelajaran dapat dilakukan di sekolah ataupun luar sekolah. 

A.    Hal-Hal Yang Harus Disusun Dalam Suatu Kegiatan Pameran.

1.      Perencanaan Pameran Karya Seni Rupa
a.      Membentuk kepanitiaan.
b.      Pembagian tugas kepanitiaan.
c.      Memilih ketua, yang bertanggung jawab atas seluruh kegiatan pameran, mengoordinasi, mengatur, dan mengarahkan proses kerja anggota panitia yang lain.
d.      Memilih sekretaris, yang bertugas membantu ketua untuk melakukan pendataan, mengumpulkan, dan membuat administrasi serta laporan pertanggungjawaban pameran.
e.      Memilih bendahara, yang bertugas mengolah, mendata, dan mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan.
f.       Memilih seksi-seksi, merupakan anggota panitia yang bekerja sama membantu menyukseskan kegiatan pameran melalui kemampuan yang sesuai bidangnya.
g.      Membuat proposal pameran, tujuannya adalah untuk mendapatkaan izin kegiatan, mencari  sponsor, dan informasi bagi pers atau pihak lain yang menjadi mitra kerja penyelenggara pameran.
h.      Pengumpulan hasil karya, maksudnya adalah usaha  untuk mengumpulkan, mendata, dan menyeleksi hasil karya seni yang layak untuk dipamerkan.

            2.    Persiapan Pameran Karya Seni Rupa
a.      Menentukan Jenis Pameran
          Penentuan jenis pameran menjadi pedoman awal untuk mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan pameran sehingga segala hal dalam perencanaan selanjutnya akan lebih terpusat dan tujuan pameraan teraarah dengan jelas.
b.      Menentukan Tema Pameran
          Penentuan tema pameran dikaitkan dengan acara kegiatan dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang sedang populer di masyarakat, sehingga menarik dan membangkitkan motivasi masyarakat untuk datang dan mendukung kegiatan pameran.
c.      Menentukan Tempat Pameran yang Sesuai dengan Kegiatan
1)     Kelengkapan sarana dan prasarana
2)     Denah ruang pameran
3)     Keamanan

            3.    Pelaksanaan Pameran Karya Seni Rupa
a.      Penataan Ruangan
          Penataan ruangan dilakukan oleh panitia pameran seksi tersebut. Tugas seksi dekorasi secara umum adalah menata, menyusun, atau mengatur unsur-unsur yang berada di dalam maupun di luar ruangan, sehingga dapat memberikan kesan yang harmonis, nyaman, asri, penuh daya tarik, dan dapat menyenangkan para pengunjung yang akan datang.
b.      Penataan Hasil Karya
          Teknik penataan hasil karya harus memberikan kesan yang menarik perhatian, harmonis, dan dapat dinikmati oleh pengunjung secara maksimal, sehingga tujuan dari diadakannya  pameran dapat terwujud dengan baik.
c.      Kelengkapan Informasi
          Kegiatan pameran adalah kegiatan yang melibatkan banyak orang, baik panitia maupun pengunjung. Dalam sebuah pameran biasanya jumlah pengunjung jauh lebih banyak daripada jumlah panitia, sehingga panitia tidak bisa melayani pengunjung per individu. Untuk mempermudah proses informasi tentang kaarya seni yang dipamerkan, dipersiapkan bentuk keterangan yang berupa buku katalog dan identitas karya.
d.      Penutupan
          Penutupan pameran dilakukan oleh kepala sekolah selaku penanggungjawaab tertinggi  di sekolah. Tetapi, apabila tidak dimungkinkan, dapat diwakilkan oleh ketua panitia pameran.
e.      Evaluasi
          Evaluasi pameran adalah mengoreksi kembali kegiatan pameran mulai dari proses perencanaan, persiapan, sampai pada pelaksanaannya. Dalam kegiatan ini, panitia membuat laporan penanggungjawaban yang berisi semua kegiatan yang dilakukan sebelum dan selama pameran berlangsung.

B.       Fungsi Pameran Karya Seni Rupa

     Pameran karya seni rupa memiliki berbagai fungsi sosial bagi masyarakat, diantaranya:
1.        Sebagai sarana edukasi yakni pameran berfungsi mendidik siswa untuk mengetahui pentingnya pengalaman batin yang berguna untuk menyeimbangkan kegiatan akal dan pikiran manusia.
2.        Sebagai sarana apresiasi yakni Pameran tersebut diadakan berfungsi untuk mengeluarkan ide gagasan pencipta yang kemudian para pengunjung akan memberikan apresiasi atau memberi penilaian terhadap karya seni yang mereka buat, proses apresiasi dapat dibedakankan menjadi 2 yaitu apresiasi aktif dan apresiasi pasif.
3.        Sebagai sarana prestasi yakni pameran dapat menjadi ajang kompetisi bagi para pencipta seni, karena melalui karya seni kita akan tahu setinggi apa keaktifan dan kreativitas pencipta seni dalam membuat karya.
4.        Sebagai sarana rekreasi yakni Pameran dapat berfungsi sebagai tempat untuk merilekskan pikiran dan menghilangkan kejenuhan atas  kegiatan atau rutinitas sehari-hari baik itu sekolah, kerja atau sebagainya yang banyak menguras energi dan pikiran.

C.      Tujuan Pameran Pameran Seni Rupa

Ada beberapa tujuan diadakannya pemeran disekolah, diantaranya:
1.      Tujuan sosial yaitu karya seni yang dipamerkan bertujuan untuk kepentingan sosial.
2.      Tujuan kemanusiaan yaitu pameran dilakukan dengan tujuan demi kepentingan pelestarian, pembinaan nilai-nilai serta pengembangan hasil karya seni budaya yang masyarakat miliki. Pameran dengan tujuan kemanusiaan hasilnya akan disumbangkan ke korban bencana, masyarakat kurang mampu atau sebagainya.
3.      Tujuan komersial yaitu pameran bertujuan untuk menghasilkan keuntungan bagi seniman atau penyelenggara seniman, diharapkan karya yang dipamerkan terjual.


Sumber : https://www.pelajaran.id/2017/18/pengertian-pameran-seni-rupa-fungsi-tujuan-dan-jenis-pameran-serta-unsur-unsur-pameran-lengkap.html

Komentar

  1. Terimakasih ya, infonya bermanfaat.
    Oh ya, mau menambahkan informasi aja nih.
    Bagi yang membutuhkan Sewa Misty Fan untuk berbagai keperluan seperti event misalnya, bisa coba hubungi kami dari Arthur Teknik ya. Dijamin profesional dalam pengerjaannya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seni Grafis

Surealisme

Menganalisis Konsep, Fungsi, Tokoh, dan Nilai Estetis Karya Seni Rupa