Surealisme


A.    Pengertian Surealisme

    Surealisme adalah suatu aliran seni yang menunjukkan kebebasan kreativitas sampai melampaui batas logika. Surealisme juga dapat didefinisikan sebagai gerakan budaya yang mempunyai unsur kejutan sebagai ungkapan gerakan filosofis. Surealisme merupakan suatu karya seni yang menggambarkan suatu ketidak laziman, oleh karena itu surealisme dikatakan sebagai seni yang melampaui pikiran atau logika. Karya seni surealisme ini hanya dapat ditafsirkan oleh seorang seniman yang menciptakannya dan sangat sulit bagi seseorang untuk menafsirkan karya seni surealisme tersebut, karena pada hakikatnya surealisme bersifat tidak beraturan atau alurnya melompat-lompat.
    Adapun definisi lain yang menyatakan bahwa surealisme adalah sebuah sebuah lukisan realisme atau naturalisme yang berupa daya khayal dan sesuatu yang tidak mungkin atau merupakan sebuah mimpi. Asal kata surealisme pertama kali muncul pada catatan tentang balet parade, pada tahun 1917 yang ditulis oleh Guillaume Apolliuaire dalam karyanya “Super Realisme” atau surealisme.

Sumber : https://abrarozora.wordpress.com/2014/03/08/aliran-seni-surealisme/


B.     Contoh Karya Surealisme


    René Magritte merupakan seniman surrealis yang berasal dari Belgia. Salah satu karya terbesarnya adalah The Lovers pada tahun 1928. Lukisan yang menggambarkan dua pasangan yang sedang bermesraan ini menimbulkan impresi yang kuat karena penggunaan kain penutup kepala pada keduanya. Banyak interpretasi yang bermunculan, diantaranya adalah lukisan itu menggambarkan suasana love is blind, atau malah ada pula yang berpendapat kalau lukisan itu menyatakan cinta pada zaman modern yang cenderung terburu- buru dalam tindakannya, sehingga tidak mementingkan lagi isinya.
    Harus diakui, lukisan ini memberikan pengaruh yang kuat pada seni zaman modern ini. Beberapa artist menggunakan The Lovers sebagai acuan atau sumber inspirasi untuk karya- karyanya. Diantaranya adalah film Pig yang disutradarai oleh Nico B. Dalam satu adegannya, ada dua orang yang memakai tutup kepala dan terikat satu sama lain.


    Selain itu, desain milik Barny Bewick untuk cover album Funeral For A Friend yang berjudul Casually Dressed & Deep in Conversation yang menggambarkan pasangan dengan atribut yang sama, tidak tanggung – tanggung hampir seluruh video klip FFAF ini memiliki konsep yang serupa.

 
    Dan Desainer terkenal, Storm Thorgerson, juga melakukan hal yang serupa dengan Bewick untuk cover album The Mars Volta yang berjudul Frances the Mute. Hanya saja ia tidak terfokus pada pasangan, dan mengganti tutup kepala berwarna putih dengan warna merah.


Sumber : https://shavanta.wordpress.com/2007/09/02/the-lovers-rene-magritte/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seni Grafis

Menganalisis Konsep, Fungsi, Tokoh, dan Nilai Estetis Karya Seni Rupa